Miliki Target Market Bisnis Yang Jelas Untuk
Mewujudkan Bisnis
Yang Sukses
Anda dan bisnis anda
berhubungan dengan “pelanggan” yang akan memandang pada anda dan bisnis anda.
Sehingga, mengetahui siapa orang yang akan menjadi pelanggan dari bisnis anda
adalah hal penting yang harus dikuasai. Bahasa yang sering disebut adalah
“target market” bisnis.
Dengan memiliki
pengetahuan target market untuk bisnis anda maka perjalanan menuju sukses bisnis tidak terlalu berbelit-belit dan tidak memakan waktu lama. Karena
sasaran orang yang akan menjadi pelanggan anda sudah jelas diketahui.
Brian Tracy
mengatakan (4 : 2009),
“Dalam memutuskan bagaimana anda
akan menempatkan diri dalam pasar, mulailah dari pelanggan ideal anda. Siapakah
mereka? Mengapa mereka membeli? Apa yang bernilai bagi mereka? Apakah manfaat
spesifik yang mereka cari ketika membeli produk atau jasa anda? Apa yang harus
diyakinkan pada pelanggan anda sebelum mereka membeli dari anda”
Oh ya, idealnya dari
perkataan Tracy di atas mengenai kata “pelanggan” adalah “orang yang akan
membeli produk bisnis.” Tetapi agar memberikan pemahaman yang jelas lebih baik saya
katakan kata pelanggan diganti dengan kata “Calon Pelanggan alias Calon
Pembeli.”
Dengan memahami
tentang calon pelanggan anda mengenai cara pandang calon pelangan terhadap
bisnis, maka penting juga memahami tentang cara pandang calon pelanggan anda terhadap
pesaing bisnis anda.
Memang anda butuh
target market bisnis yang jelas sehingga tidak salah langkah. Tetapi memiliki
target market bisnis belum lengkap bila belum mengetahui pesaing yang akan
mempengaruhi calon pelanggan/pelanggan.
Lanjut Tracy (2009)
untuk pelengkapi perkataan di atas,
“Siapa pesaing anda? Mengapa
pelanggan ideal anda membeli dari pesaing dan bukannya dari anda? Nilai apa
yang diterima pelanggan dari penawaran pesaing anda yang yang tidak ada dalam
penawaran anda? Fitur dan manfaat apa yang paling menarik dari penawaran
pesaing anda yang tidak mereka peroleh dari penawaran anda? Apakah kekuatan
mereka? Bagaimana pesaing anda dapat bertahan sampai sekarang? Apa yang mereka
lakukan untuk mempertahankan orang-orang sehingga mereka tidak membeli produk
dan jasa anda?”
Kata pesaing, lebih
enak bila saya katakan sebagai pemain bisnis. Karena banyak pesaing-pesaing
malah justru bisa menguntungkan bila sudah menjalin Jont Venture. Tapi sudah
lah, lebih baik saya menggunakan kata pesaing.
Dengan mengetahui siapa
calon pelanggan dan bagaimana calon pelanggan memandang bisnis anda juga
disertai mengetahui bagaimana calon pelanggan terhadap pesaing anda maka akan
memberikan dampak yang bagus terhadap bisnis anda.
Tentu dengan mengetahui
calon pelanggan ideal anda alias target market bisnis anda, juga disertai
dengan memperhatikan tentang penambahan dan
perbaikan bila memang harus ada yang ditambahkan dan diperbaiki
dalam bisnis khususnya masalah produk atau jasa.
Tracy mengatakan
(2009),
“Setelah pelanggan ideal anda dan
apa yang mereka inginkan jelas, serta segala sesuatu tentang pesaing dan alasan
pelanggan anda membeli dari pesaing anda pun jelas, maka anda dapat
menganalisis dan memperbaiki produk atau jasa anda lebih detail”
----------------------
Referensi: Brian
Tracy, The Way to Wealth in Action,
Terj, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2009
Post a Comment for "Target Market Bisnis"
Mohon untuk tidak melakukan SPAM atau menuliskan URL Situs Anda/link iklan Anda yang tidak ada hubungannya dengan artikel ini. Tulislah Nama, email dan alamat website/blog jika ada. Dan berkomentarlah yang santun tanpa harus menggunakan huruf besar semua, No SARA atau Ejekan. Anda juga bisa memberi kaskus emoticons di dalam komentar Anda
Post a Comment